Utsawa Brahma Widya : Sarana Intelektualitas dan Spiritualitas Generasi Hindu

Kamis (11/4), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Brahma Widya Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar menggelar kegiatan pembukaan Utsawa Brahma Widya (UBW) ke-V yang dilaksanakan di Aula Kampus Ratna IHDN Denpasar, dengan tema “Bhakti Dewaya”.

Acara yang dihadiri oleh seluruh dosen, pegawai dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Brahma Widya serta fakultas lainnya ini dibuka secara resmi oleh Rektor IHDN Denpasar Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana M.Si.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari program kerja BEM Fakultas Brahma Widya dan serangkaian acara Utsawa Brahma Widya.

“Tujuannya yaitu sebagai wahana pembelajaran mahasiswa Fakultas Brahma Widya serta meningkatkan intelektualitas, spritualitas dan kreatifitas generasi muda Hindu agar dapat berperan serta dalam dan mmpu menghadapi tantangan zaman pada era globalisasi dan digitalisasi sekarang ini,” ucap Ida Bagus Putra Adnyana selaku Ketua Panitia pada kegiatan Utsawa Brahma Widya tahun ini. 

Antusias mahasiswa juga sangat tinggi terlihat dari jumlah peserta yang hadir pada acara pembukaan yang dibuka dengan tari Sekar Jagat oleh UKM Tari dan Tabuh Ratna Saraswari IHDN Denpasar.

Suatu hal yang menarik dari acara pembukaan ini yaitu pembacaan Weda Wakya dengan lantunan kidung Jawa, yang mana biasanya pada setiap acara hanya ada pembacaan Weda Wakya dengan kidung Bali, kali ini sedikit berbeda, karena ada dua sekaligus yang membacakan Weda Wakya.

“Jika perlu ada dari daerah lain lagi yang menampilkan pembacaan Weda Wakya agar mencerminkan bahwa mahasiswa IHDN tidak melulu berasal dari Bali tapi juga seluruh Indonesia,” ujar Rektor IHDN Denpasar I Gusti Ngurah Sudiana memberikan apresiasi dalam sambutannya.

Rektor IHDN Denpasar, Prof Dr Drs I Gusti Ngurah Sudiana M,Si saat memberikan sambutan di pembukaan Utsawa

Kegiatan Utsawa Brahma Widya ini diselenggarakan dari tanggal 10 April – 30 April 2019. Beberapa kegiatan yang akan memeriahkan acara Utsawa Brahma Widya ini yaitu lomba membuat pejati dan kwangen dosen, pegawai dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Brahma  Widya yang dilaksanakan di Aula Kampus IHDN Denpasar dan di laksanakan setelah acara pembukaan Utsawa Brahma Widya. Yang kedua yaitu lomba melantukan Mantam Puja Tri Sandhya tigkat SD se-Kota Denpasar, yang ke-tiga yaitu pomba  kramaning sembah tingkat SMP se-Kota Denpasar, yang ke-empat yaitu Lomba Cerdas Cermat (LCC) agama Hindu tingkat SMA/SMK se-Bali. Adapun rangkaian kegiatan lainnya yang sudah di lakukan yaitu Pengabdian masyarakat di Pura Dalem Bungkeneng dan Pura Besakih.

Dengan adanya kegiatan Utsawa Brahma Widya ini diharapkan memunculkan bibit bitit baru yang berbakat dan berkualitas yang berkaitan di bidang agama, sekaligus ajang unjuk kemampuan bagi siswa siswi di tingkat SD, SMP, DAN SMA/SMK se- Kota Denpasar. (raniwina_)

Please follow and like us:
error

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)