World Tourism Day, Mahasiswa Pariwisata Budaya IHDN Denpasar gelar Tourism BBC

Menyambut hari pariwisata sedunia (World Tourism Day) yang akan datang pada 27 September, mahasiswa Jurusan Pariwisata Budaya , Fakultas Dharma Duta, Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar menggelar kegiatan Tourism Being Bali Clean (BBC).

Kegiatan yang bertajuk let’s beat the water pollution berlangsung di danau Beratan, Candikuning, Tabanan pada Rabu (25/09).

Danau Beratan merupakan salah satu objek wisata yang terletak di kabupaten Tabanan, yang berjarak 52 Km dari pusat kota Denpasar.

Tourism BBC ini dihadiri oleh mahasiswa semester 1 sampai 3 jurusan Pariwisata Budaya. Selain itu kegiatan ini bekerjasama dengan volunteer Teman Joger.

I Kadek Ananda Mertayasa selaku ketua panitia dari tourism BBC mengungkapkan alasan dari kegiatan ini karena melihat kondisi danau Beratan yang memprihatinkan.

“Adanya kesenjangan sosial yang terjadi diantara area utara dan area selatan (Bali utara dan selatan, red) menjadi alasan kami memilih danau Beratan sebagai tempat pelaksanaan tourism BBC ini,” ungkapnya.

Selain itu Kadek Ananda juga menjelaskan di bagian selatan Danau lebih terurus karena didominasi oleh daya tarik wisata yang lebih unggul dalam sektor pariwisata.

“Bagian utara sendiri kebersihannya pun masih kurang dijaga terutama pada area wantilan bisa dilihat bahwasanya banyak sekali sampah plastik setiap minggunya jadi kita memilih danau beratan untuk dibersihkan” jelasnya.

Terlaksananya tourism BBC didasari oleh beberapa tujuan, salah satunya untuk meninggkatkan rasa peduli lingkungan kepada para mahaiswa jurusan Pariwisata Budaya sehingga bisa menerapkan sustainable tourism pada setiap diri masing-masing.

Pukul 12.30 WITA para mahasiswa, dosen dan volunteer teman joger mulai melakukan pembersihan sampah plastik, tanaman enceng gondok dan bambu air yang menggangu disekitaran area danau Beratan.

Sebagai penutupan kegiatan, beberapa perwakilan kampus dan teman joger melakukan pelepasan ikan yang dibawa oleh pihak kampus untuk menambah biota air di danau Beratan.

Please follow and like us:
error

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)